Kamis, 27 Agustus 2015

:: Perbedaan Antara Centella Asiatica dan Ginko Biloba ::
Pasti sudah banyak yang mengenal Ginko Biloba, tanaman yang berasal dari negara subtropis ini terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan seseorang. Sebenarnya di Indonesia ada tanaman sejenis yang memiliki khasiat sama bahkan memiliki manfaat yang lebih banyak dibanding Ginko Biloba. Tanaman tersebut adalah Pegagan (Centella Asiatica ) atau sering disebut Antanan.
Masyarakat tradisional di Asia, khususnya Indonesia biasanya mengkonsumsi antanan dalam bentuk segar, dimasak menjadi sayuran, atau dijus sebagai minuman.
Tanaman ini berasal dari kepulauan sepanjang Samudera Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Selain itu, tanaman ini juga banyak tumbuh di pesisir timur Madagaskar, dan Mauritius. Pegagan biasanya tumbuh di tempat yang basah, rawa-rawa, atau di sepanjang tepi sungai.
Bentuk daunnya yang bulat, batangnya yang lunak dan beruas, serta menjalar hingga bisa mencapai semeter tingginya. Dengan berkembang biak secara vegetatif seperti itu, ia cepat beranak-pinak. Jika keadaan tanahnya bagus, tiap ruas yang menyentuh tanah akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Pegagan sebagai makanan otak
Bagian yang dimanfaatkan sebagai obat ialah daunnya dan bagian yang berada di atas permukaan tanah.
Pegagan telah dimanfaatkan terutama oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia, dan sebagian Eropa Timur sejak ribuan tahun lalu. Ia dipercaya bisa meningkatkan ketahanan tubuh, membersihkan darah, dan memperlancar air seni. Orang-orang Timur Jauh di Eropa bahkan menggunakannya untuk menyembuhkan lepra (penyakit menular kronik yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae) dan tuberkulosis (TBC).
Manfaat lainnya, dapat memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak, dan memperlancar transportasi darah pada pembuluh-pembuluh otak. Pegagan juga dipercaya dapat menanggulangi luka bakar, sirosis hati, keloid, skleroderma, gangguan pembuluh vena, penyakit traumatis, lupus, serta meningkatkan fungsi mental.
Tanaman ini juga digunakan secara oral maupun topikal untuk meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises, dan salah urat.
Nah, jika tidak mau diolok-olok pikun padahal usia belum terlalu tua, cobalah mengonsumsi pegagan yang merupakan bahan dasar VitaBrain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar